Sunday, June 26, 2016

Terkunci Dalam Imajinasi

Sahabat remaja masa kini, kali ini kita akan membahas tentang imajinasi, impian yang melambung terlalu tinggi dan pandangan yang melihat terlalu jauh. Berhayal adalah sifat bawaan dari otak manusia. Hayalan bisa berguna dan berjalan efektif jika anda seorang pengusaha, desainer, seniman maupun pelukis. Tapi apa dampaknya jika kita menggunakan imajinasi terlalu tinggi bahkan ingin menerapkannya dalam kehidupan? Apa sisi baiknya? Adakah sisi buruknya? Berikut sedikit ulasan nya.

Imajinasi untuk berfikir kreatif
Ini adalah sisi baik dari imajinasi. Kita dapat menggunakan imajinasi untuk melihat apa yang akan kita alami seandainya kita melakukan sesuatu. Apa dampaknya, merugikan atau menguntungkan. Maka hal ini bisa anda pakai sebagai titik pondasi untuk melakukan sesuatu. Misal anda hari ini menanam pohon manga. Dengan imajinasi dan sedikit riset, anda akan sedikit tahu apa yang akan terjadi dengan pohon manga anda bebrapa tahun mendatang, berapa jumlah buahnya, dan kemungkinan terburuknya.
Imajinasi sangat bagus jika kita terapkan untuk hal yang bagus.

Impian yang terlalu tinggi
Ini juga masuk ke dalam jenis imajinasi. Namun sebaiknya jangan anda terapkan dalam kehidupan. Semakin tinggi impian yang anda targetkan, semakin susah pula anda meraihnya. Jangan hanya karena anda tergiur dengan keberhasilan orang lain, anda mentargetkan hal yang sama tanpa mengetahui ilmunya. Atau anda berharap menjadi orang sukses tanpa mau berkorban untuk mencoba dan memulai, yang lebih parah lagi, anda setiap hari membayangkan kemewahan tanpa mau mencoba dan berusaha,
Karena sukses butuh pengorbanan, kerja keras serta modal yang cukup.

Pandangan yang terlalu jauh
Anda memiliki otak cerdas, mampu bekerja dengan baik dan patuh peraturan. Tapi apakah mampu membuat anda menjadi orang kaya? Tentu tidak. Persempit pandangan anda. Karyawan mana yang sukses? Orang yang patuh peraturan akan terlalu takut untuk mencoba hal baru yang sekiranya memiliki peluang kecil. Sekarang kita pendekkan lagi pandangan kita. Apakah orang sukses itu taat peraturan? Tentu saja. Apa dia cerdas? Iya, dalam bidang yang dia kuasai. Apa orang sukses bekerja dengan baik? Tentu saja. Lalu apa bedanya dengan anda?
Orang sukses lebih berani mengembangkan inovasi.

Berharap dunia lebih ramah
Ini adalah ciri orang dengan tingkat imajinasi yang super parah. Setiap hari hanya bermimpi pekerjaan nya lebih mudah tanpa membuat pekerjaan itu terlihat mudah. Tau yang saya maksud? Semoga anda faham. Yang lebih parah lagi? Tentu ada. Anda adalah seorang supir atau kernet pengangkut minyak tanah, lingkungan anda adalah lingkungan dengan taraf hidup rendah dan masuk kedalam zona rawan kemiskinan. Namun anda berharap dunia lebih baik dengan memberikan anda sebuah mobil mewah, kenyataan nya atasan anda pun tidak mampu membelinya padahal sudah menjadi atasan selama 10 tahun.
lihat lingkungan anda, bertingkah dan berfikirlah seperti lingkungan anda.

Imajinasi memang menguntungkan bagi pelaku usaha. Karena berguna untuk memberikan pandangan keuntungan dan kerugian yang mampu dia tanggung dalam rentang waktu tertentu. Namun jika anda menerapkannya dalam kehidupan sebagai pekerja, anda hanya akan terjebak dalam imajinasi saja.

Lakukan, kerjakan dan berfikirlah seperti lingkungan anda
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: